Beranda | Artikel
Hari Kiamat Pasti Datang
Senin, 22 Mei 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Hari Kiamat Pasti Datang adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 24 Syawal 1444 H / 15 Mei 2023 M.

Kajian Tentang Hari Kiamat Pasti Datang

Ya’juj dan Ma’juj adalah keturunan Nabi Adam. Artinya mereka manusia, tapi sifat mereka sangat kejam. Mereka memerangi kaum muslimin, membuat kerusakan di bumi. Dan tidak ada yang sanggup melawan mereka. Itu yang dikabarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Karena merasa menang, kuat dan sombong, maka mereka memanah penduduk langit. Kemudian Allah pulangkan panahnya dengan darah. Mereka semakin sombong dengan sebab itu.

Kemudian mereka mengepung kaum muslimin dan Nabi Isa. Tapi Subhanallah -sebagaimana dalam hadits yang sudah kita baca- Allah Subhanahu wa Ta’ala menghancurkan mereka dengan sangat mudah. Yaitu dengan salah satu tentara Allah berupa ulat. Hanya dengan ulat saja mereka mati. Kemudian Allah juga mengirimkan tentara Allah yang lain berupa burung. Burung itu mengangkatnya dan melemparkan mereka ke tempat yang jauh. Kemudian Allah turunkan hujan membersihkan bau busuk bekas mereka. Sehingga bumi menjadi bersih lagi.

Hari Kiamat Pasti Datang

Kisah Ya’juj dan Ma’juj ini menunjukkan bahwa hari kiamat pasti datang dan waktunya sudah dekat. Dalam surah Al-Anbiya ayat yang ke 96 sampai 97, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

حَتَّىٰ إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُم مِّن كُلِّ حَدَبٍ يَنسِلُونَ ‎﴿٩٦﴾‏ وَاقْتَرَبَ الْوَعْدُ الْحَقُّ…‏

“Sehingga apabila dibuka benteng Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari tempat-tempat yang tinggi. Dan dekatlah janji yang haq (maksudnya hari kiamat)…” (QS. Al-Anbiya[21]: 96-97)

Dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga pernah berkata kepada para sahabat:

إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ

“Hari kiamat tidak akan tegak sehingga sebelumnya kalian melihat 10 tanda hari kiamat…dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan diantaranya ada Ya’juj dan Ma’juj.” (HR. Muslim)

Tapi sangat disayangkan walaupun hari kiamat dekat, banyak di antara manusia lalai dari hari kiamat. Allah Ta’ala berfirman:

اقْتَرَبَ لِلنَّاسِ حِسَابُهُمْ وَهُمْ فِي غَفْلَةٍ مُّعْرِضُونَ ‎﴿١﴾‏ مَا يَأْتِيهِم مِّن ذِكْرٍ مِّن رَّبِّهِم مُّحْدَثٍ إِلَّا اسْتَمَعُوهُ وَهُمْ يَلْعَبُونَ ‎﴿٢﴾

“Telah dekat bagi manusia penghisaban mereka, sedangkan mereka dalam kelalaian lagi berpaling. Setiap diturunkan ayat-ayat yang baru kepada mereka, mereka mendengarnya sambil bermain.” (QS. Al-Anbiya[21]: 1-2)

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52928-hari-kiamat-pasti-datang/